Ticket Order(s)

Mau Nonton MotoGP di Sepang? wajib ikuti tips ini kawan

Artikel Dibawah ini merupakan cerita dan pengalaman menonton MotoGP di sepang 2015, buat kamu yang mau nonton moto gp 2018 di sepang malaysia bulan novemeber mendatang wajib baca ini buat pengalaman di sana.. Selamat membaca gaes..

MotoGP musim 2015 tinggal menyisakan 4 seri lagi yaitu seri Jepang, Malaysia, Australia dan seri penutup di Valencia. Kita-kita yang pengen nonton MotoGP secara langsung di sirkuit dengan biaya murah meriah biasanya akan datang ke sirkuit Sepang Malaysia. Tahun ini seri Sepang Malaysia akan berlangsung tanggal 23 Oktober sampai 25 Oktober. Saya mengucapkan selamat pada para pemenang di blog competition kerjasama antara Kompasiana dan Federal Oil yang bisa berangkat ke Sepang secara gratis. Sungguh saya iri.. suer iri hiksss. Bukan bermaksud sok tahu apalagi sok tempe, saya akan info apa dan bagaimana sirkuit Sepang, kondisinya, penginapan, transportasi dan lain-lain berdasarkan perjalanan saya ke Sepang tahun 2014 lalu. Moga bermanfaat.

Tiket MotoGP dan tiket pesawat

Untuk Anda yang mau pergi sendiri dan nggak ikut paket dari agen perjalanan wisata, Anda wajib cek tiket murah untuk ke Kuala Lumpur. Yang jadi favorit sih Air Asia karena sering kasih harga promo. Tahun ini, saya dapat tiket Promo by Air Asia dengan harga 600 ribu PP.. murce kannnn. Cuman Anda kudu beli tiket promo dari jauh-jauh hari. Saya beli tiket ini bukan Desember tahun lalu.. niat banget yak hehehe. Lalu Anda kudu beli tiket MotoGP, ya iyalah kalo nggak beli tiket MotoGP ya nggak bisa masuk ke sirkuit. Harga tiket bervariasi, kalo Anda mau beli tiket dengan harga murah maka beli lah saat periode early bird. Early bird di buka sampai 30 Juni, bedanya bisa 200 ribuan dari harga normal. Contoh untuk tiket Main Grand Stand periode early bird saya beli dengan harga 630 ribu, harga normalnya adalah 850 ribu. Harga tiket ini berlaku untuk 3 hari selama race.. jadi udah sepaket gitu.

 

Penginapan

Banyak hotel murah di Kuala Lumpur. Para penggila MotoGP yang menginap di hotel-hotel murah biasanya menginap di daerah China Town, KL Sentral, Bukit Bintang dan lain-lain. Harga per kamar di kisaran 200 ribuan sampai 300 ribuan dengan kondisi sekamar berdua. Kalau mau lebih murah, anda bisa cari hotel dengan tipe dormitory yang satu kamarnya bisa berempat atau bahkan berdelapan. Ranjangnya bersusun model asrama. Untuk kamar model ini Anda cuma bayar 75 ribuan semalam per ranjang. Di area Bukit Bintang Anda bisa cari hotel Budget Inn yang berlokasi di jalan alor yang tipenya dormitory. Lokasinya juga enak, karena jalan Alor penuh dengan jajanan. Tahun lalu saya menginap di hotel China Town Inn dengan harga 300 ribuan per kamar (twin).

 

Transportasi ke Sepang

Ada suttle bis khusus Sepang yang nongkrong di KL Sentral yang akan membawa Anda ke sirkuit Sepang. Anda cukup membayar RM 30 untuk rute KL Sentral-Sepang-KL Sentral. Kalo Anda hanya perlu one way, Anda cukup membayar RM 18. Lebih praktis naik bus ini sih, karena Anda tinggal duduk manis dan bus langsung membawa Anda ke sirkuit. Tahun lalu karena saya menginap di China Town maka saya naik MRT dulu ke KL Sentral, biayanya RM 1 dan cuman 4 menit dari stasiun China Town ke KL Sentral. Perjalanan dari KL Sentral ke sirkuit Sepang makan waktu satu jam dan pada saat race day waktu tempuh akan lebih lama karena saat tiba di Area Sepang jalanan macet luar biasa. Dari tempat turun bus di area Sepang, Anda tinggal jalan kaki menuju sirkuit. Kira-kira 1 kilometer jarak dari turun bus ke gerbang Sepang.Oh iya... bus ke Sepang sudah stand by di KL Sentral, begitu bus ini penuh ia langsung jalan, jadi nggak pakai jadwal jam-jam an.

Sirkuit Sepang

Layaknya hajatan Internasional, seri Sepang nggak cuma menyuguhkan acara balapan aja. Di Area sirkuit Sepang banyak terdapat stand-stand dari produk-produk sponsor. Sayang kalo Anda nggak masuk ke stand-stand ini karena di depan stand Anda akan disambut oleh pramuniaga yang penampilannya cihuy banget. Juga banyak souvenir gratis di stand-stand ini. Stand-stand ini adalah stand Ducati, Yamaha, Honda, Official store MotoGP, Federal oil dan lain-lain. Trek Sepang lumayan jauh dari gerbang Sepang.. kira-kira 2 kiloan kali ya. Tapi nggak terasa jauh karena sepanjang jalan kita disuguhi stand-stand dan atraksi menarik. Udah gitu.. ramenya pake banget. Fans para rider MotoGP juga penampilannya nggak kalah seru... mereka berlomba tampil unik dan menarik.

 

Barang-barang yang dijual di sini mahal harganya, yah namanya juga hajatan kelas dunia. Cuman perlu juga beli sedikit merchandise buat kenang-kenangan. Yang termurah adalah tas jinjing kain di official store MotoGP, harganya RM 5. Lumayan buat membawa souvenir gratis dari stand-stand (cari gratisan dot kom). Nggak terasa, kita sampai di gerbang trek. Ada pemeriksaan dari petugas sebelum kita masuk ke gedung sirkuit. Minuman dan makanan nggak boleh dibawa masuk, juga senjata tajam dan obat-obatan terlarang. Udah kayak mau nonton konser aja. Anda jangan khawatir akan kelaparan dan kehausan di sirkuit karena banyak stand-stand makanan di dalam sirkuit, cuman harganya sedikit lebih tinggi dari harga di luar. Contoh.. air mineral di luar yang seharga RM 1, harga di dalem sirkuit adalah RM 3 hiksss.

Lepas dari gerbang pemeriksaan Anda belum bisa masuk ke tribun, Anda masih kudu jalan cukup jauh, 2 kiloan lah ya kira-kira. Iya sirkuit Sepang ini emang luar biasa banget gedenya. Saya tahun kemarin nonton dari tribun Main Grand Stand North. Posisinya persis di depan paddock. Kalo Anda mau liat start dan finish line, juga liat podium, Anda lebih baik beli tiket di tipe tribun ini. Tipe tribun lainnya adalah Main Grand Stand Other, K1, dan F. Untuk tahun ini tipe Main Grand Stand north dan other disatukan menjadi Main Grand Stand. Kursi di tribun nggak bernomor, Anda bebas duduk di mana aja, ambil posisi strategis. Pemegang tiket Main Grand Stand bisa masuk ke tribun lain, tapi pemegang tiket selain Main Grand Stand nggak boleh masuk ke tribun lain (nggak bingung sama kalimat saya kan ya?).

 

Jumat, hari pertama seri Sepang : free practice 1, 2 dan pitlane walk

Ada 3 acara di di hari pertama seri Sepang ini yaitu free practice 1, free practice 2 dan pitlane walk. Untuk kelas MotoGP, free practice 1 berlangsung jam 09.55 waktu setempat, free practice 2 berlangsung jam 14.05 waktu setempat. Kemudian sekitar jam 16.30 an ada sesi Pitlane Walk. Sesi ini paling itunggu oleh para fans rider MotoGP. Di sesi ini kita bisa jalan-jalan di pitlane, liat-liat garasi para rider, tapi nggak boleh masuk ke garasinya lho. Kadang-kadang rider masih ada di garasinya, jadi bisa ketemu deh kita. 

Pitlane walk dibuka hanya buat 1000 orang pertama jadi Anda kudu antri. Setelah tanda pitlane walk dibuka maka orang-orang biasanya akan berlarian menuju garasi Yamaha. Buat apa? Ya ketemu Valentino Rossi tentunya. Valentino Rossi masih menjadi rider favorit di Sepang. Tahun kemarin Vale ada di garasinya dan sempet kasih tanda tangan ke beberapa fans di sana. Jangan harap bisa selfie berdua Vale di sesi ini karena suasana sangat crowded, berdesakan. Selfie nya di room Vale di hotel aja hehehehe. 

Sabtu, hari kedua seri Sepang : free practice 3, 4 dan Rider's Autograph session

Acara di hari Sabtu dimulai dengan Rider's autograph session atau sesi tanda tangan para rider biasa juga disebut ajang meet and greet. Di acara ini para rider yang terpilih akan menandatangani foto dan poster si rider yang bersangkutan. Untuk poster dan foto sudah disediakan oleh pihak penyelenggara jadi Anda tinggal ambil aja di meja para rider setelah di tandatangani. Tahun kemarin sih kita boleh minta para rider buat menandatangani barang pribadi kita, tapi cuma satu ya nggak boleh banyak. Saya tahun kemarin minta rider buat menandatangani kaos Kompasiana yang saya bawa. Trus nggak boleh selfie sama rider di acara ini ya, ntar dikeplak sama petugasnya hehehe.

 

Sesi tandatangan dimulai sekitar jam 11 siang setelah FP3, berlangsung hanya sejam dan terdiri dari 4 sesi dengan lama waktu 15 menit per sesinya. Tiap sesi dihadiri oleh rider yang beda-beda. Anda harus antri dari pagi karena orang-orang yang ikut acara ini dibatasi. Bisa aja sih Anda nekat antri juga walaupun antrian udah kayak ular naga panjangnya. Tapi begitu sesi keempat ditutup dan Anda masih dalam antrian ya apes udah, nggak bisa dapet tandatangan rider deh.  Trus kalo Anda masih dalam antrian tapi rider favorit Anda ada di sesi awal ya ketiban apes juga, tinggal gigit jari, nangis darah dari jauh. Mangkanya kudu antri dari pagi. Tahun kemarin saya baru masuk antrian jam 8.30 pagi dan kebagian di sesi tiga. Di sesi tiga ini ada Andrea Dovizioso, Stephan Bradl dan lain-lain. Sementara Marc Marquez dan Dani Pedrosa kebagian di sesi satu.  Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo nggak ikutan hadir di acara ini tahun kemarin. Kelar meet and greet, kita bisa langsung ke dalam sirkuit buat liat FP4 dan kualifikasi.  

Minggu, hari ketiga seri Sepang : Race day

Untuk hari Minggu, tetep Anda harus datang sepagi mungkin ke sirkuit. Yang pertama, karena perjalanan menuju sirkuit macet berat kalo udah siang, saking banyaknya penonton balapan yang datang. Yang kedua, karena Anda harus berburu posisi strategis di tribun. Posisi menentukan prestasi. Kalo Anda dapat posisi strategis maka nggak sia-sialah Anda datang ke Sepang. Kalo Anda dapat tempat duduk di tribun atas bagian belakang, mending Anda pulang aja deh.. nonton aja lewat tipi. Tahun kemarin saya dapat posisi duduk persis deket starting line, jadi bener-bener bisa ngeliat halusnya pipi Marc Marquez hahahah. Kelas MotoGP adalah kelas yang dilombakan paling terakhir. Jadi bayangin, kita dateng dari jam 8 pagi dan baru liat Rossi balapan tuh jam 3 sore. Dandan heboh sejak pagi, pas Rossi balapan tampang kita udah kucel hahahahah.

Cuman Anda nggak bakal bosen karena event sebelum kelas MotoGP tuh banyak banget. Ada balapan rookie RedBull, atraksi tandem boncengan keliling trek dari Ducati lalu balapan kelas Moto3 dan Moto2. Udah gitu yang namanya liat live kan beda banget sama liat dari tipi yang sering diselingi iklan. Kalo liat live Anda bisa liat dengan mata kepala sendiri gimana hebohnya persiapan jelang dan saat balapan. Gimana hebohnya para penggila balapan MotoGP yang nonton di sini. Tahun lalu, Vale nongol di pinggir trek waktu kelas Moto3 balapan.. and you know what... fans setribun teriak-teriak heboh kayak liat konser aja dan tribun khusus fans Vale di K1 mengibarkan ribuan popolo giallo (bendera khas Rossi). Baru nongol doang itu.. belum balapan hahaha.

 

Nah saat kelas MotoGP berlangsung siap-siap aja menikmati suasana balapan yang sesungguhnya. Nggak bisa saya ceritakan dengan kata-kata deh (lebay). Suara knalpot yang bikin budeg kuping udah biasa aja kita dengar. Awalnya saya dapet earplug (pengaman kuping) gratis di gerbang sirkuit, tapi nggak saya pakai karena bikin aneh aja, ngeganjel gitu di kuping. Jadi nikmatin aja deh suara knalpot motor-motor yang luar biasa kencengnya. Di sirkuit ada layar yang gedeee banget yang bikin kita bisa liat balapan secara lengkap. Sama persis dengan yang tayang di tipi karena motor MotoGP yang lewat di depan kita cuman lewat sedetik doang, kedip sekali mah nggak bakal liat Vale lewat deh. 

Jangan beranjak pulang sebelum acara benar-benar selesai karena pesta yang sesungguhnya ada di penghujung acara, saat para fans balapan turun ke trek menonton acara penyerahan piala di podium. Tahun kemarin suasananya benar-benar pecah. Vale dapet podium dua dan fans merayakannya total di trek. Ribuan orang turun ke trek, bersorak sorai saat piala diserahkan di podium. Lagi-lagi.. saya nggak bisa ceritakan betapa hebohnya. Pecah.. dan gila sangat. Saking gilanya, sampai para fans berebut foto di grid, di posisi rider saat start. Iya sampe segitunya. Tapi inilah pesta para MotoGP Mania, di mana fans dari semua negara bercampur jadi satu, tak terhalang apapun. 

Buat Anda yang berkesempatan pergi ke Malaysia untuk menonton seri Sepang.. nanti bagi-bagi pengalamannya ya. Sampai jumpa di Sepang. 

 
Beli tiket SHELL MALAYSIA MOTORCYCLE GRANDPRIX 2018 disini
 
 
Artikel : https://www.kompasiana.com/yayat/mau-nonton-motogp-di-sepang-baca-ini-dulu_561392b55fafbdb8098b4569